Friday, July 28, 2023

Resensi Novel Please Look After Mom – Kyung Sook Shin

 Resensi Novel Please Look After Mom - Kyung Sook Shin



Identitas Buku

Judul: Please Look After Mom

Penulis: Kyung Sook Shin

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Isi: 291 halaman

ISBN: 978-602-03-1540-9

Rate: 5.0/5.0

Tahun Terbit: 2020


Blurb

Sepasang suami-istri berangkat ke kota untuk mengunjungi anak-anak mereka yang telah dewasa. Sang suami bergegas naik ke gerbong kereta bawah tanah dan mengira istrinya mengikuti di belakangnya. Setelah melewati beberapa stasiun, barulah dia menyadari bahwa istrinya tak ada. Istrinya tertinggal di Stasiun Seoul.

Perempuan yang hilang itu tak kunjung ditemukan, dan keluarga yang kehilangan ibu/istri/ipar itu mesti mengatasi trauma akibat kejadian tersebut. Satu persatu mereka teringat hal-hal di masa lampau yang kini membuat mereka tersadar betapa pentingnya peran sang ibu bagi mereka; dan betapa sedikitnya mereka mengenal sosok sang ibu selama ini.

Perasaan-perasaannya, harapan-harapannya, dan mimpi-mimpinya.

Ulasan

Novel ini menceritakan tentang seorang ibu yang berjuang membesarkan anak-anaknya dengan penuh kasih sayang. Namun, suatu ketika kejadian tak mengenakan terjadi yaitu ibu hilang di stasiun. Hilangnya ibu membuat orang-orang terdekat merasakan kehilangan sosok ibu, khususnya anak dan suaminya. Pada novel ini akan diceritakan kisah-kisah lama yang mereka lakukan bersama ibu dengan sudut pandang berbeda tiap bab.

Kelebihan

Penulis membuat beberapa sudut pandang tokoh pada cerita sehingga pembaca dapat merasakan emosional yang berbeda-beda pada tiap kisah dari sudut pandang berbeda. Novel ini merupakan novel yang diterjemahkan ke bahasa indonesia dengan terjemahan yang cukup bagus sehingga mudah dipahami.

Kekurangan

Alur maju mundur dengan beberapa sudut pandang berbeda sehingga ketika membaca harus penuh konsentrasi agar tidak bingung, selain itu karena setiap bab menceritakan dari sudut pandang berbeda membuat cerita kurang klimaks pada bagian akhir atau ending novel tersebut.



No comments:

Post a Comment